RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN 3

Rangkuman Materi Pertemuan 3
1.       Kelebihan dan kekurangan aplikasi native
Aplikasi native adalah aplikasi yang berjalan pada perangkat mobile dan di akses melalui icon yang ada pada layar perangankat mobile.
KELEBIHAN
-           Aplikasi native dapat memudahkan pengguna yaitu setelah di install, kapan saja si pengguna membutuhkan applikasi ini cukup dengan sekali click saja.
-           Aplikasi native dapat terus bekerja walaupun ketika tidak ada konektivitas.
-           Mobile app native memenangkan persaingan dalam kategori kecepatan beroperasi.
-           Konten pada aplikasi ini mudah ditemukan di web dari pada di sebuah aplikasi. Alasannya, ketika seseorang membutuhkan informasi, mereka cenderung memanfaatkan mesin pencari, mengetikkan apa yang inginmereka ketahui dan memilih page dari hasil pencarian. Jarang dari mereka yang membutuhkan informasi kemudian meeka mengunjungi sebuah toki aplikasi, mencari sebuah aplikasi, download dan install, kemudian mencoba menemukan informasi yang di butuhkan

KEKURANGAN
v       Aplikasi native dikembangkan secara khusus untuk 1 platform saja, misalnya aplikasi native yang dirancang (dibuat) untuk platform android maka tidak berfungsi pada windows phone.

2.       Kelebihan dan kekurangan aplikasi web mobile
KELEBIHAN
-           Multiplatform: sekali dibuat dapat langsungdijalankandi android, iphone, Blackberry, windows phone yang memiliki browser.
-           Lebih murah dan mudah dikembangkan. Teknoligi yang digunakan lebih standard sehingga SDM lebih banyak tersedia (misalnya PHP+MySQL).
-           User interface dapat dibuat konsisten untuk multiplatform.
-           Tidak bergantung pada google play atau app store. Tidak perlu menunggu disetujui sebelum app dapat digunakan pengguna. Setiap revisi langsung dapat di akses pengguna.
-           Jika ada transaksi, dapat memanfaatkan berbagai media (seperti Paypal) atau ditangani sendiri. Tidak akan mendapatkan potongan 30% seperti jika melewati google play.
KEKURANGAN
-           Lebih lambat.
-           Lembutuhkan koneksi internet.
Walaupun sudah ada mekanisme offline di browser, tetapi webapp umumnya mempunyai ketergantukang tinggi pada koneksi internet.
-           Tidak dapat memanfaatkan secara maksimal fitur-fitur smartphone (missal share antar app).
-           Tidak dapat memanfaatkan (atau kalaupun bisa sulit) sensor yang dimiliki smarthoone/tablet seperti kamera, accelerometer, gyroscope dan lain – lain.
-           Tidak dapat memanfaatkan in-app billing.
Dengan google play, pengguna dapat melakukan pembelian membeli dengan sangat mudah.
-           Lebih sulit jika ingin menjual app.
Pengguna sudah terbiasa dengan web app yang gratis.
-           User interface lebih sulit di pahami. Setiap platform (android, ios, windowsphone) punya karakter user interface tersendiri.
3.       Kelebihan dan kekurangan aplikasi hybrid
Hybrid Application yaitu applikasi mobile yang dibuat dan ditanam (install) langsung didalam device, menggunakan bahasa pemograman wib yang di gabung dengan bahasa pemograman yang selayaknya digunakan untuk membuat aplikasi pada device yang dituju (HYBRID= NATIVE+MOBILE WEB).
KELEBIHAN
-           Proses loading dan kinerja lebih cepat
Sebuah aplikasi hybrid secara teknis adalah aplikasi web  HTML5 dalam “pembungkus (wrapper)” Native yang sederhana. Hal ini memungkinkan aplikasi hybrid untuk bisa dijalankan dengan lebih cepat, dengan masih memiliki kemampuan untuk dijalankan secara offline.
-           Proses pengembangan lebih mudah
Pengembangan yang membuat aplikasi HTML 5 suka pada kemampuannya untuk bisa dimulai dengan cepat. Dengan mempertahankan manfaat aplikasi native, aplikasi hybrid dapat diluncurkan hamper secepat aplikasi web.
-           Applikasi ini dengan penggabungan bahasa pemograman web.
-           Untuk beberapa fiture yang tidak bisa dijalankan menggunakan bahasa pemograman web, akan ditulis dalam bahasa pemograman yang sesuai dengan device tujuan.
KEKURANGAN
-           Masih dianggap minim pengalaman pengguna.
Meskipun banyak manfaatnya, aplikasi Hybrid masih dianggap berkopromi ketika terkait dengan pengalaman pengguna sehingga pengembang masih berharap banyak pada aplikasi Native.

Related Posts:

0 Response to "RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN 3"

Poskan Komentar