Alat Komunikasi Zaman Dahulu Kala

Berikut adalah macam-macam alat komunikasi yang tradisional dan yang modern.  Alat – alat komunikasi tradisional dan modern tersebut ada banyak sekali, dan saya akan menguraikan satu persatu.
Perubahan waktu telah membuat banyak hal terjadi, yaitu tentang perubahan teknologi yang begitu cepat. Apakah ini yang di namakan kemajuan peradaban manusia? Bisa saja iya, jika kehadiran teknologi itu membawa manfaat kepada kemaslahatan ummat manusia, namun jika membawa bencana, maka ini bukan kemajuan peradaban alias kemunduran.
Bicara tentang teknologi komunikasi menjadi menarik perhatian bagi saya, sehingga muncul niat untuk menulis artikel. Setelah memikirkan dan menganalis judul apa yang tepat untuk tulisan ini, maka akhirnya saya memutuskan untuk memberikan judul: 21 Alat- alat Komunikasi Tradisional dan 15 Modern.
Apa saja informasi alat – alat komunikasi dari judul artikel tersebut? berikut hasil riset saya yang saya rangkum di bawah ini;


  1. Kaleng yang di hubungkan dengan benang dan bisa mendegar suara orang dengan jarak tertentu menjadi alat komunikasi tradisional juga. Namun jarak yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan alat tradisonal ini tidak begitu jauh jaraknya, paling sekitar 5 sampai 10 meter.
  2. Media surat masih tren sampai sekarang, namun orang dulu masih menggunakan surat dengan cara menulis di kertas atau di daun. Dan butuh waktu yang lama untuk sampai kepada penerimanya. Kadang bisa sebulan atau lebih, semua di tentukan ketersediaan transportasi dan jarak tempuh yang ada.
  3. Aneh tapi nyata. Memang sebagian oang dulu memakai asap sebagai alat komunikasi. Mungkin ini mistik atau gaib, namun ternyata memang efektif ketika dulu kala. Untuk proses pembuatan asapnya penulis tidak tahu persis. Apakah asap di bakar lalu dibacakan mantra tertentu atau kayu di bakar dan menghasilkan asap begitu saja

Related Posts:

0 Response to "Alat Komunikasi Zaman Dahulu Kala"

Poskan Komentar